Pages

Thursday, 19 February 2015

Akibat Makan atau minum sambil berdiri

Halo kawan pembaca. pada kesempatan hari ini saya akan berbagi info penting bagi sobat semua.sobat Pasti pernah donk minum atau makan sambil berdiri, tapi pada kenyataanya sobat tidak tau apa yang ditimbulkan dari makan atau minum sambil berdiri. Oleh sebab Itu saya akan membahas akibat dari makan atau minum sambil berdiri. Yaudah gak usah panjang kali lebar sama dengan luas saya ngomong.



Pertama Saya akan Bahas secara Logika


SECARA LOGIKA


              Mungkin secara logika, ya agak ngehayal sedikit. Selain gak sopan, makan / minum sambil berdiri itu bikin repot, kaya kesenggol atau makanan jadi tumpah karena tangan penuh banget. Seperti halnya pas lagi ada kimpoian, kursi penuh ya otomatis makan sambil berdiri, belum lagi banyak anak kecil lari sana-sini, dijamin repot sendiri! Kecuali, kalau agan kehilangan kesempatan buat duduk alias gak bisa duduk dimanapun, sesak! Rasulullah saw pernah sekali minum sambil berdiri, maka itu dikarenakan ada sesuatu yang menghalangi beliau untuk duduk, seperti penuh sesaknya manusia pada tempat-tempat suci, bukan merupakan kebiasaan Ingat hanya sekali karena darurat!





Kedua Secara Ilmiah

SECARA ILMIAH


           Manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan dengan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan, yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum. Ketenangan ini bisa dihasilkan pada saat duduk, di mana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat. Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus.

Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak. Begitu pula makan dan minum berdiri secara terus-menerus terbilang membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung.

Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk. Sebagaimana kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokkan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum.

Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani berkata: “Minum dan makan sambil duduk, lebih sehat, lebih selamat, dan lebih sopan, karena apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan turunnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan".

Ini dibuktikan dari segi kesehatan. Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal. Nah. Jika kita minum berdiri. Air yang kita minum tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter.




Nah Dari Pembahasan Saya Diatas Apakah Sobat semua masih Ngelakuin Makan Atau Minum sambil Berdiri. Kalo Saya sih Udah Gak Mau Lagi soalnya Ane Takut xixi. . .


7 comments:

Ogip Rikardo B said...

Thanks atas info nya gan, sangat bermanfaat :)

Sanata Firman said...

Sama Sama Gan

nuradha nudin said...

sial , gw waktu itu pernah ikut lomba lari dikasih minum , jadi gw minum aja ... thanks gan infonya

Deni Hermawan said...

ada efeknya jg ya

Akmal Syahilma said...

wah gue sering nih... thanks info nya gan

Defaris perdana said...

Memang gak bagus klu makan atau minum sambil berdiri. ajaran Islam pun menganjurkan untuk makan dan minum sambil duduk

Galang Adhi Wirasto said...

padahal ane sering minum berdiri haha

Post a Comment

Copyright © 2014 Sumur Info. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.